HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.134.81
Pengunjung : 451.487


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



Pacaran yang Sehat


Senin; 01 October 2018 [admin_SMAC, SMA ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum



Seiring dengan perkembangan zaman, “ pacaran “ bagi remaja menjadi sebuah permasalahan,  baik bagi remaja itu sendiri maupun bagi orang tua dan guru. Bagaimana tidak? Anak usia SD sudah mengenal pacaran. Bahkan, kadang-kadang pacaran yang mereka lakukan sudah melebihi batas-batas norma kesusilaan. Hal ini kemungkinan karena dampak perkembanan teknologi yang pesat. Hampir semua orang sekarang mempunyai handphone. Dengan mudah orang bisa mengakses internet melalui handphone. Jika handphone digunakan oleh remaja tanpa pengawasan orang tua, remaja dengan leluasa bisa mengakses situs-situs internet yang tidak pantas menjadi tontonan remaja, misalnya tentang pergaulan bebas. Oleh sebab itu, orang tua wajib selalu memantau anak-anak remajanya dalam menggunakan handphone.

Pacaran sebenarnya merupakan waktu bagi sepasang individu untuk saling mengenal, tidak lebih dari itu. Pacaran yang sehat adalah pacaran yang mendatangkan hal-hal positif. Dalam proses pacaran, remaja dituntut mengenali emosi diri sendiri dan orang lain, yaitu pasangannya. Penting juga untuk mengungkapkan emosi tersebut dengn baik, yaitu dengan bijaksana menyelesaikan masalah dan terbuka akan masalah masing-masing.

Sebagai remaja, sebaiknya memahami cara pacaran yang sehat, tidak melanggar norma agama dan susila. Cara pacaran yang sehat antara lain sebagai berikut

1. Saling mendukung

Saling mendukung merupakan salah satu hal paling penting dalam pacaran. Meskipun masing-masing individu mempunyai kesibukan, sebaiknya diusahakan tetap saling berkirim pesan untuk memberi dukungan terhadap pasangannya.

2. Jujur pada Orang Tua

Jujur kepada orang tua itu merupakan kewajiban bagi remaja yang mulai tertarik kepada lawan jenisnya. Hal ini dilakukan agar remaja yang berpacaran dapat mengenal orang tua dan keluarga pasangannya, sehingga apabila mereka dalam kesulitan atau masalah dapat minta saran kepada orang tua.

3. Usahakan agar Pacaran Tidak Mengganggu Kegiatan Belajar.

Pacaran yang sehat sebaiknya tidak sampai mengganggu aktivitas belajar. Justru sebaiknya saling memberi dukungan dan semangat agar dapat meraih prestasi cemerlang. Bila remaja pacaran tapi gagal dalam belajar, masa depan remaja akan terancam hancur. Putus cinta itu hal yang biasa, jangan sampai menjadi penyebab kegagalan dalam belajar.

4. Tidak melanggar susila

Pacaran bagi remaja hanyalah suatu proses untuk saling mengenal, belum tentu sampai ke jenjang pernikahan. Oleh sebab itu, remaja dalam berpacaran sebaiknya bersikap wajar, tidak sampai melanggar susila, yang menjerumuskan remaja jatuh dalam pelanggaran norma-norma susila. Jika ini terjadi, yang rugi adalah remaja itu sendiri. Apalagi bila sampai terjadi percabulan dan kehamilan, tentu yang rugi remaja itu sendiri. Masalah akan muncul yang menghambat remaja meraih cita-cita di masa depan.  

5. Jangan Meninggalkan Iman

Semua agama mengajarkan hal-hal yang baik. Oleh sebab itu, pada saat remaja berpacaran sebaiknya bersikap saling menghargai agama masing-masing. Tuhan pasti sudah menyiapkan satu individu untuk pasangan hidup manusia.

Demikianlah tips pacaran yang sehat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua remaja yang saat ini sedang pacaran. Pacaran yang sehat tentu tidak melupakan tugas dan kewajiban sebagai pelajar dan umat Tuhan. Remaja adalah generasi penerus bangsa, jangan sampai remaja terjerumus oleh pergaulan bebas yang merusak masa depan.

Oleh : Tim Jurnalistik SMA Sint Carolus







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :