HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.158.199.217
Pengunjung : 271.396






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



GAME ONLINE Tantangan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar


Sabtu; 08 September 2018 [Rosalia Widi, SMA ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum

GAME ONLINE Tantangan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar

Oleh: M.G. Banon Fitri Wahjuni, M.Pd.

 


            Di era digital saat ini,  para guru, tak terkecuali guru-guru SMA Sint Carolus Bengkulu sering menghadapi peserta didik yang mulai “malas” belajar karena kecanduan game online. Fenomena ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan bijaksana.

            Di satu sisi handphone merupakan alat komunikasi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah komunikasi dan mengakses internet. Di sisi lain, handphone menjadi suatu alat yang membuat penggunanya malas melakukan pekerjaan lain karena kecanduan bermain game online.  

Kecanduan bermain game online di kalangan pelajar membuat para pelajar menjadi malas melakukan kewajiban utamanya, yaitu belajar. Guru dan orang tua harus segera mengatasi permasalahan ini agar para pelajar tidak menggunakan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain game online. Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar di kalangan pelajar.

  1. Guru mengajak peserta didik untuk berpikir secara logis membandingkan manfaat bermain game online dengan membiasakan belajar secara rutin.
  2. Guru memotivasi peserta didik untuk memiliki impian atau cita-cita sesuai dengan minat dan bakatnya. Pelajar yang memiliki impian akan lebih termotivasi untuk belajar daripada pelajar yang tidak memiliki impian.
  3. Guru memberi pandangan tentang strategi belajar yang efektif. Teknik belajar bacakilat for student merupakan salah satu strategi belajar yang efektif.
  4. Guru memberikan cara pandang yang benar tentang sekolah. Sekolah atau belajar adalah tempat untuk mengeluarkan dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh peserta didik. Tempat yang akan menghantar peserta didik meraih impian di masa depan.
  5. Guru memberikan pandangan kepada peserta didik tentang relevansi antara ilmu yang didapat di sekolah dengan kehidupan. Teori-teori yang dipelajari di sekolah menjadi dasar menghadapi kehidupan nyata di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
  6. Guru senantiasa membina kedekatan dengan peserta didik agar peserta didik tidak segan mengungkapkan permasalahan atau kesulitan dalam belajar.

Dengan terus menerus menumbuhkan motivasi belajar, peserta didik diharapkan dapat mengurangi kecanduan bermain game online.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :