HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.134.81
Pengunjung : 451.482


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



GAME ONLINE Tantangan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar


Sabtu; 08 September 2018 [admin_SMAC, SMA ST. CAROLUS BENGKULU] - Artikel Umum

GAME ONLINE Tantangan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar

Oleh: M.G. Banon Fitri Wahjuni, M.Pd.

 


            Di era digital saat ini,  para guru, tak terkecuali guru-guru SMA Sint Carolus Bengkulu sering menghadapi peserta didik yang mulai “malas” belajar karena kecanduan game online. Fenomena ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan bijaksana.

            Di satu sisi handphone merupakan alat komunikasi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah komunikasi dan mengakses internet. Di sisi lain, handphone menjadi suatu alat yang membuat penggunanya malas melakukan pekerjaan lain karena kecanduan bermain game online.  

Kecanduan bermain game online di kalangan pelajar membuat para pelajar menjadi malas melakukan kewajiban utamanya, yaitu belajar. Guru dan orang tua harus segera mengatasi permasalahan ini agar para pelajar tidak menggunakan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain game online. Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar di kalangan pelajar.

  1. Guru mengajak peserta didik untuk berpikir secara logis membandingkan manfaat bermain game online dengan membiasakan belajar secara rutin.
  2. Guru memotivasi peserta didik untuk memiliki impian atau cita-cita sesuai dengan minat dan bakatnya. Pelajar yang memiliki impian akan lebih termotivasi untuk belajar daripada pelajar yang tidak memiliki impian.
  3. Guru memberi pandangan tentang strategi belajar yang efektif. Teknik belajar bacakilat for student merupakan salah satu strategi belajar yang efektif.
  4. Guru memberikan cara pandang yang benar tentang sekolah. Sekolah atau belajar adalah tempat untuk mengeluarkan dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki oleh peserta didik. Tempat yang akan menghantar peserta didik meraih impian di masa depan.
  5. Guru memberikan pandangan kepada peserta didik tentang relevansi antara ilmu yang didapat di sekolah dengan kehidupan. Teori-teori yang dipelajari di sekolah menjadi dasar menghadapi kehidupan nyata di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.
  6. Guru senantiasa membina kedekatan dengan peserta didik agar peserta didik tidak segan mengungkapkan permasalahan atau kesulitan dalam belajar.

Dengan terus menerus menumbuhkan motivasi belajar, peserta didik diharapkan dapat mengurangi kecanduan bermain game online.







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :